buku kls 2 SD

Menerapkan gerak dasar lokomotor (gerak berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain), non- lokomotor, manipulatif dan permainan

A. Gerak dasar lokomotor

Melakukan gerakan lokomotor

Pola gerak memperbaiki dan dasar lokomotor (gerak berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain)

  1. Berjalan
  1. Berlari
  1. permainan

Berjalan ke arah matahari terbit

Berjalan kearah matahari terbit,

matahari terbit dari arah timur

Berjalan kearah matahari terbenam,

matahari terbenam kearah barat

Berjalan membelakangi arah mataahari terbit

Berjalan dengan langkah biasa

Berjalan dengan langkah tegap

Berjalan dengan langkah panjang dan cepat

Berjalan kesamping

Cara berjalan kesamping (kanan) yaitu: kaki dilangkahkan kesamping dengan kaki kanan melangkah terlebih dahulu kemudian disusul dengan kaki kiri, demikian seterusnya (ketika melangkahkan kaki kesamping jangan terlalu lebar ). Saat melangkah tangan menempel dibadan, dan panadangan mata melihat kesamping kanan. Begitupun sebaliknya dengan gerak kesamping kiri.

Berjalan kearah kanan

Berjalan kearah kiri

berjalan dengan tumit kaki

jalan dengan tumit kaki berfungsi untuk menguatkan otot tungkai dan pergelangan kaki’

berjalan dengan ujung kaki

Jalan dengan ujung kaki berfungsi untuk menguatkan otot tungkai dan pergelangan kaki. Lakukan gerakan ini bolak-balik sebanyak tiga kali.

Gerakan berjalan

  1. Berjalan kedepan dan kebelakang

Berjalan kedepan yaitu gerakan melangkahkan kaki secara bergantian kearah depan, dengan pandangan mata lurus kedepan, dan sambil mengayunkan kedua tangan.

Berjalan kebelakang yaitu sama seperti berjalan kedepan hanya saja arah gerakan dirubah kebelakang, dan saat melakukan gerakan jalan kebelakang mata juga harus melihat kebelakang.

  1. 2. Berlari

Gerakan berlari sama dengan berjalan kedepan yang membedakan pada saat berlari ada saatnya kedua kaki tidak menyentuh tanah atau melayang. Gerakan berlari yang benar adalah pandangan mata lurus kedepan, tangan diayunkan secara bergantian dengan membentuk sudut 90 derajat, kaki melangkah cepat kedepan dengan tenaga penuh.

  1. 3. Permainan

Permainan-permainan dalam gerak berpindah tempat contohnya: permainan jalan mundur dan permaianan  tikus dan kucing

Permaianan jalan mundur

Bentuk permainannya sebagai berikut:

Buatlah beberapa kelompok dengan jumlah yang sama

Tentukan garis start dan garis finish

Kemudian orang pertama pada kelompok tersebut harus berjalan mundur hingga kegaris finish dan kembali ke garis start

Setelah orang pertama sampai disusul orang kedua, demikian seterusnya sampai semua dalam kelompok melakukan

Kelompok yang habis terlebih dahulu menjadi pemenang

Latihan Kesimbangan

Latihan keseimbangan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu diam dan bergerak.

  1. 1. Keseimbangan berjalan

Cobalah berjalan diatas bangku swedia atau balok. Jangan sampai jatuh atau tergelincir. Berikut merupakan petunjuk pelaksanaan yaitu: pandangan lurus kedepan, kemudian langkahkan kaki perlahan-lahan jangan lupa menjaga keseimbangan dan berhati-hatilah.

  1. 2. Keseimbangan Duduk

Posisi awal duduk dengan kaki lurus. Tangan lurus kedepan. Kemudian angkat kedua kaki dan tahan beberapa detik.

  1. 3. Keseimbangan Tidur

Posisi awal badan tidur tengkurap. Tangan kebelakang. Kemudian angkat kedua kaki keatas. Tahan beberapa detik

  1. 4. Keseimbangan Berdiri

Posisi awal berdiri. Kemudian angkat satu kaki kedepan atau kebelakang. Dan kaki tumpu bertugas untuk menjaga keseimbangan. Ulangi gerakan untuk kaki yang satunya.

Catatan

Masih ada banyak variasi latihan menjaga keseimbangan tubuh seperti: pesawat terbang, membentuk huruf T. Dengan semakin banyak variasi latihan dapat melatih lebih baik lagi keseimbangan tubuh.

lari berbelok-belok

lari dengan melewati rintangan dengan cara berbelak-belok

bermain menjala ikan

melompat ke depan

Melompat mirip kelinci

Melompat mirip katak

Melompat mirip kangguru

B. Gerak dasar non-lokomotor

Permainan jongkok dan berdiri

Berdiri dan membungkuk untuk melatih kekuatan otot lengan kaki dan punggung

Kedua tangan memegang kepala

Kedua tangan memegang pundak

Badan membungkuk

tangan memegang kaki

Badan tegak kedua tangan

memegang daun telinga

Badan tegak kedua

tangan menunjuk mata

Badan tegak kedua

tangan menunjuk hidung

Badan tegak kedua tangan menunjuk pipi

Tarik menarik dengan dua

tangan hingga lawan terangkat dari duduk

Tarik menarik dengan satu tangan sambil berdiri

Tarik menarik dengan tali

Dorong mendorong dengan tangan

Kegiatan ini dilakukan oleh dua orang yang saling berhadap-hadapan. Tangan saling memegang bahu teman. Lalu kemudian saling mendorong. Sebaiknya sebelum memulai kegiatan ini terlebih dahulu diberi aba-aba.

Mendorong tembok dengan satu tangan

Gerakannya adalah sebagai berikut:

Posisi awal berdiri dengan kaki salah satu didepan dan yang satu dibelakang. Satu tangan menempel ditembok. Kamudian kaki yang didepan mendorong kedepan dan kaki belakang bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh

Mendorong tembok dengan dua tangan

Gerakannya adalah sebagai berikut:

Posisi awal berdiri dengan kaki salah satu didepan dan yang satu dibelakang. Kedua tangan menempel ditembok. Kamudian kaki yang didepan mendorong kedepan dan kaki belakang bertugas untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Dorong mendorong dengan tongkat

  1. 1. Mengangkat batu

Ambil batu dihalaman sekolah. Batu tersebut jangan terlalu berat. Kemudian angkat batu tersebut pertama menggunakan satu tangan. Berikutnya ganti kedua tangan mengangkat batu

  1. 2. Menarik lengan

Kegiatan ini dilakukan oleh dua orang. Saling berhadap-hadapan dan juga salaing memegang tangan. Setelah itu saling menarik tangan teman

3. Gerak Dasar manipulatif

Menangkap bola dari depan

Menangkap bola dari bawah

Menagkap bola

Bola yang digunakan bisa bola voli atau bola tenis. Untuk bola voli ditangkap menggunakan dua tangan untuk bola tenis diusahakan menggunakan satu tangan

Menangkap bola dari atas

Melempar Bola

Bentuk lemparan dapat dilakukan kearah melambung, datar, dan kebawah. Untuk menghasilkan lemparan yang jauh maka harus dilakukan dengan sekuat tenaga dan ketika melempar bola tangan harus diluruskan.

Melempar bola ke depan

Melempar bola melambung

menggulirkan bola

menggelindingkan bola ke arah depan dengan menggunakan bola sepak bola atau bola voly

Memukul bola dengan tangan

Menendang bola

Bola dapat ditendang dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan punggung kaki

menendang bola dengan  sisi kaki bagian dalam

Menendang bola dengan bagaian luar kaki

Menendang bola dengan punggung kaki

Menendang bola ke kawang

Menghentikan bola dengan telapak kaki

Menghentikan bola dengan sisi bagian dalam

Menghentikan bola dengan sisi bagian luar

Bermain bola dengan peraturan sederhana

Mengoper bola

Peraturannya siapa yang dapat mengoper dan menahan bola dengan tepat dialah yang menjadi pemenang

Catatan

Kamu dirumah dapat mengajak teman-temanmu untuk bermain permainan yang menggunakan bola seperti sepak bola, voli, tenis meja, kasti, dan basket. Dengan melakukan permainan dengan bola ini sangat baik untuk perkembangan tubuh.

Melempar bola pada sasaran

Permainannya sebagai berikut:

Tumpuklah 4 kardos diatas kotak atau ditanah

Setiap siswa diberi kesempatan 3 kali melempar

Lakukan lemparan secara bergantian

Siapa yang dapat merobohkan semua dia menjadi pemenang

Memasukan bola ke dalam keranjang

Permainannya sebagai berikut:

Taruhlah 3 keranjang di atas tanah

Setiap siswa diberi kesempatan melakukan

sebanyak 5 kali. Siapa yang paling

banyak memasukkan bola ke keranjang,

dialah pemenangnya

Menggunakan alat secara bergantian

Memukul dengan alat

Rangkuman

Gerak dasar meliputi gerak berpindah, gerak ditempat, dan gerak menggunakan alat. Pada dasarnya gerakan-gerakan ini bertujuan untuk melatih tubuh sehingga tubuh dapat berkembang dengan baik

Evaluasi

Tes kesegaran jasmani

Lomba lari 50 meter

Siswa yang lari paling cepat akan menjadi pemenang

Lempar tangkap dengan teman. Kegitan ini dilakukan oleh dua orang. Daerah lemparan dan menangkap dibatasi. Yang lemparannya keluar daerah berarti kalah

Kompetensi dasar

Menrapkan gerak latihan dasar untuk meningkatkan kekuatan otot dada, otot punggung dengan mengikuti aturan

Melakukan gerak saling mendorong bahu

Kegiatan ini dilakukan oleh dua orang yang saling berhadap-hadapan. Tangan saling memegang bahu teman. Lalu kemudian saling mendorong. Sebaiknya sebelum memulai kegiatan ini terlebih dahulu diberi aba-aba

Gerak menarik dan merentangkan tangan

Menguatkan Otot Perut Dan Pinggang

Dengan melatih otot pinggang dan perut dapat mencegah badan bungkuk karena otot pinggang dan perut menjadi kuat sehingga mampu menyangga berat badan

Gerak push up dengan control yang baik

Gerkan push up berguna untuk melaitih kekuatan otot lengan. Push up merupakan gerakan menahan badan dengan kedua tangan.

Gerakan sit up dengan kontrol yang baik

Pertama lakukan posisi tidur. Kaki dirapatkan dan sedikit ditekuk. Tangan diletakkan ditengkuk. Kemudian angkat badan sebanyak tiga sampai lima kali gerakan.

Gerakan beck up dengan control yang baik

Posisi tidur telungkup. Gerakkan ini dilakukan dengan cara badan ditarik ke atas, sementara itu kaki tidak boleh ikut ke atas

Rangkuman

Jika kamu berolahraga, otot yang lemah menjadi kuat dan badan yang kurang kuat menjadi kuat. Untuk melatih kekuatan tubuhmu kamu dapat melakukan latihan berikut:

  • Gerakan push up
  • Mendorong bahu
  • Mangangkat batu
  • Menjungkit badan
  • Berdiri lalu jongkok jalan jongkok
  • Jongkok lalu loncat jalan jinjit
  • Keseimbangan duduk
  • Keseimbangan berdiri dan lain-lain

Senam ketangkasan

Manfaat pembelajaran

Setelah kamu melakukan dan mempraktikkan kegiatan dalam pembelajaran ini, kamu diharapkan dapat:

Melakukan senam ketangkasan sederhana

Menerapkan gerakan latihan dasar untuk melatih persendian anggota bagian atas dengan mengikuti aturan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya

Bentuk tubuh

Tubuh manusia terbentuk dari berbagai anggota badan masing-masing mempunyai manfaat

Juga fungsi yang berbeda

Ada tiga bagian bentuk tubuh

masing-masing berhubungan

bagian atas kepala

bagian tengah badan

bagian bawah kaki

anggota tubuh

letak anggota tubuh

pada bagian atas terdapat: rambut, alis

dan mata, telinga

hidung, mulut dan

gigi

pada bagian tengah

badan terdapat               : tangan

bahu atau pundak

dada

perut

pada bagian bawah badan

terdapat                         : pinggul

paha

betis

lutut

tumit

Melakukan gerakan merenggut-renggutkan

leher ke depan dan kebelakang dengan hitungan

Melakukan gerakan metengguk

leher ke samping kiri dan kanan

Gerakan memalingkan kepala ke kiri

dan ke kanan dengan control yang baik

Gerakan memutarkan kepala

Gerakannya leher diputar dan kekiri. Lakukan sebanyak tiga putaran. Kemudian putar kearah sebaliknya dengan tiga putaran juga. Jangan memejamkan mata ini akan membuat kepala pusing.

Gerakan Menekuk Pinggang

Posisi awal berdiri. Kedua kaki dibuka agak lebar. Kemudian tekuk pinggang kekanan dan kekiri dengan diikuti gerakan tangan diatas kepala. Lakukan sebanyak lima kali. Lakukan secara bergantian

Gerak Memutar Pinggul

Posisi awal berdiri dengan kedua tangan berada disamping pinggul. Kemudian putarlah pinggang kekanan dan kekiri.

Gerakan Memutar Sendi Tangan

Putar kedua sendi tangan sampai kedua sendi tangan terasa lentur dan tidak kaku. Arah putarannya kedepan dan kebelakang lakukan gerakan ini lima kali putaran saja.

Catatan

Melatih sendi sebaiknya dilakukan setiap kali melakukan olahraga untuk mengurangi terjadinya cidera ketika berolahraga.

Meregangkan otot  pinggang dan

pinggul ke samping kanan dan kiri

Meregangkan badan ke depan dan ke belakang

Tangan di pinggang bungkukkan badan ke depan kemudian ke belakang

Catatan

Kegiatan menekuk punggung sebaiknya dilakukan setiap hari untuk menjaga kelenturan tulang punggung.

Kompetensi dasar

Menerapkan dua bentuk senam ketangkasan :melompat dan berputar 90 derajat saat di udara, melompati benda sesuai dengan kemampuan serta memperhatikan faktor keselamatan

Melompat

Melompat merupakan gerakan berpindah tempat hanya menggunakan satu kaki saja. Cara melompat yang benar yaitu: salah satu diangkat kemudian kaki tumpu ditekuk sedikit, tangan diletakkan disampping badan dan tikekuk sedikit, dengan kekuatan kaki dorong tubuh keatas sehingga bergerak kedepan, saat melompat kedua tangan diayunkan juga untuk membantu. Demikian seterusnya.

Gerakan lompat-lompat di tempat dengan

control yang baik

Gerakannya seperti berikut:

Posisi berdiri kemudian tangan diletakkan dipinggang, kaki ditekuk, kemudian meloncat

Gerakan lompat di tempat dengan berputar di udara

Dengan sering melakukan kegiatan meloncat mdan berputar dapat melatih kelincahan tubuh kita. Berikut merupakan cara melakukannya: pertama berdiri tegak. Kemudian meloncat. Ketika meloncat tubuh diputar di udara

Gerakan melompati rintangan ke depan dengan control yang baik

Melompati teman

Caranya ajaklah teman kamu. Suruh teman kamu bersujud. Setelah itu kamu melompatinya. Lakukan kegiatan ini secara bergantian

Lompat tanpa awalan

Gerakannya: kakinya ditekuk, kemudian meloncat. Agar dapar meloncat lebih jauh maka tangan harus diayunkan

Lompat dengan awalan

Pertama-pertama berlari kemudian setelah sampai pada garis yang ditentukan baru melakukan lompatan

Berdiri lalu jongkok

Berdiri lalu jongkok merupakan kegiatan yang berfungsi untuk melatih otot tungkai. Lakukan kegiatan ini sebanyak lima kali setiap melakukan.

Jalan jongkok

Posisi awal jongkok. Kemudian berjalanlah dengan pOsisi tetap jongkok hingga ke tempat yang sudah ditentukan kira-kira 1-4 m.

Jongkok lalu loncat

Kegiatan ini sama seperti loncat katak. Gerakannya sebagai berikut: posisi awal jongkok, kedua tangan memegang tengkuk setelah itu meloncat.

Memutar pergelangan kaki

Gerakan memutar kaki pertama dimulai dari kaki kanan. Arah putarannya bisa kekiri atau kekanan. Lakukan sebanyak lima kali. Setelah itu ganti kaki kiri dengan arah putaran sama dengan kaki kanan.

Melompat meraih balon

Fungsi melompat meraih balon adalah untuk melatih keseimbangan dan kekuatan otot tungkai. Berikut petunjuknya. Talikan balon pada tiang dengan tinggi yang disesuaikan. Setelah itu lakukan lompatan dengan menggapai balon 4x

Catatan

Dengan sering melakukan lompatan kamu dapat melatih kekuatan otot tungkai dan juga melatih keseimbangan, agar lebih menarik ajaklah temanmu untuk melakukan bersama-sama

Permaianan jalan mundur

Bentuk permainannya sebagai berikut:

Buatlah beberapa kelompok dengan jumlah yang sama

Tentukan garis start dan garis finish

Kemudian orang pertama pada kelompok tersebut harus berjalan mundur hingga kegaris finish dan kembali ke garis start

Setelah orang pertama sampai disusul orang kedua, demikian seterusnya sampai semua dalam kelompok melakukan

Kelompok yang habis terlebih dahulu menjadi pemenang

Permainan hulohup

Permainan hulahop adalah permainan memitar rotan yang berbentuk lingkaran. Rotan itu diputar dipinggang. Siapa yang dapat memutar rotan paling lama menjadi pemenang.

Catatan

Dengan memutarkan kepala dapat memperlancar aliran darah keotak akan tetapi jangan dilakukan terlalu sering karena dapat mengganggu system syaraf dan menjadi kebiasaan yang kurang baik.

Kompetensi dasar

Menrapakan rangkaian gerak senam ketangkasan sederhana : berjalan dan berguling ke depan, memindahkan berat tubuh dari satu titik ke titik yang lain dengan control yang baik

Gerakan bergiling ke depan dengan control yang baik

Pertama lakukan gerakan berjalan setelah itu berguling kedepan. Saat berguling yang dikenakan tanah adalah tengkuk kita.

Rangkuman

Gerak senam dapat dilakukan dengan menggunakan alat atau tudak. Bentuk gerakan senamnya seprti: melompat, meloncat dan berguling. Latihan melompat dapat dilakukan dengan tanpa menggunakan awalan. Lompatan dapat dilakukan dengan meniru beberapa binatang seperti kanguru, kelinci, dan katak.

Kompetensi dasar

Melakukan senam ketangkasan dan keseimbangan sederhana dan memiliki pengetahuan/konsep serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

1. Lompat Karet

Lompat karet dapat dilakukan dengan dendirian dan berpasangan

Lompat karet berpasangan

Lompat karet sendirian

permainan lompat karet

Lompat tali

Lompat dengan menggunakan tali, dilakukan dengan berpasangan

Raihlah tali yang dibentangkan

lompatilah dan lewatilah tali

Menerapkan gerak lengan dan tungakai untuk mengangkat tubuh di dalam air, sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Masuk ke dalam kolam renang dengan berpegangan

Menggerakkan tungkai sambil memegang diding kolam

Menggerakkan tarikan lengan ke dalam air

Latihan menggerakkan lengan dapat dilakukan seperti berikut: posisi awal badan berada didalam kolam renang, lakukan gerakan memutar lengan secara bergantian, seperti sedang menarik air.

Kompetensi dasar

Menerapkan keseimbangan tubuh dan penyelamatan diri di air serta memperhatikan keselamatan diri dan orang lain, serta menjaga kebersihan

Hal-hal yang perlu disiapkan agar aman dan nyaman dikolam renang anatara lain:

Gunakan baju renang dan siapkan alat-alat renang

Sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum berenang

Hindari renang dikolam yang dalam

Lakukan pemanasan sebelum berenang

Jangan mengotori kolam renang

Mandilah sesudah berenang

Ikutilah petunjuk guru

Sebelum berenang sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot lemas. Setelah itu berlari mengelilingi kolam renang. Dan sebelum masuk keair cipratkan air ke tubuh kita.

Setelah badan siap masuk kedalam kolam, baru kita dapat melakukan berbagai aktifitas air seperti menggendong teman secara bergantian.

Mengotrol keseimbangan tubuh di dalam air

Memperagakan ketrampilan teknik menginjak-injak air

Kompetensi dasar

Menerapkan geraka dasar renang: mengapung, menenggelamkan diri di dalam air, dan bernafas, serta disiplin

Manfaat:

Setelah mempelajari dan mempraktikkan kegiatan dalam pembelajaran ini kamu diharapkan dapat:

  • Ø Memahami dan mempraktikkan gerak dasar renang
  • Ø Memahami dan mempraktikkan keseimbangan dan penyelamatan air

Berenang itu adalah bermain dengan air. Hal-hal yang dipelajari didalam berenang antara lain: gerakan mengapung, menenggelamkan diri dan mengatur pernapasan di air. Manfaat berenang yaitu baik untuk pertumbuhan badan, memperkuat otot dada, memperpanjang napas sehingga tidak menjadi sesak.

Pengenalan kolam renang dan alat-alat renang

Sebelum belajar berenang kita harus mengenal kolam renang terlebih dahulu. Untuk pemula perlu diperhatikan jangan berenang ditempat yang dalam karena bisa tenggelam. Jangan lupa selalu mematuhi perintah guru.

Menyelam ke dalam air (menenggelamkan diri)

Setelah melakukan kegiatan mengapung diair kemudian lakukan kegiatan menenggelamkan diri caranya yaitu: pertama posisi berdiri kemudian tarik nafas dalam-dalam setelah itu tenggelamkan seluruh badan dan kepala dengan berjongkok diair kemudian keluarkan udara lewat hidung setelah nafas hampir habis muncullah kepermukaan.

Melakukan gerakan mengapung di dalam air dengan bantuan pelampung

Cara melakukan kegiatan mengapung adalah tangan menempel dilantai kolam, sedangkan tubuh sejajar dengan permukaan air kolam. Oleh karena itu pergunakan kolam renang yang dangkal. Setelah dilakukan beberapa kali, lepaskan tangan.

Memperagakan teknik pengambilan nafas

Gerakan menghirup udara dan menahan nafas, perlu dilatih agar nafas menjadi kuat dan panjang. Cara berlatihnya seperti berikut ini:

Tariklah nafas panjang, kemudian tahan nafas, lakukan gerakan menenggelamkan tubuh kedalam air. Lakukan sambil menutup telinga agar tidak kemasukan air.

Memperagakan teknik gerak dasar berenang dengan koordnasi geraka tangan dan kaki

Melakukan pengenalan di lingkungan sekolah dengan menjaga kebersihan

Bermain di halaman sekolah

Bermain nenek gendong

Lakukan dialog antara nenek gendong dengan ubi

Nenek gendong m  : tok…tok…tok…

Ubi                       :  siapa itu?

Nenek gendong     :  aku nenek gendong

Ubi                       :  mau apa?

Nenek gendong     :  aku mau minta ubi

Ubi                       :  silahkan cabut aja, nek!

Permainan tikus dan kucing

Membuat lingkaran dengan saling berpegangan tangan

Seorang berada didalam lingkaran menjadi tikus

Seorang berada diluar lingkaran menjadi kucing

Tikus bertugas untuk menangkap kucing

Bila tikus tertangkap, maka yang menjadi tikus ganti menjadi kucing

Depdiknas. Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Noya, P.1983. Pedoman Guru Olahraga Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Soemitro. 1991.Permainan Kecil. Jakarta: Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Dirjen Dikti Depdikbud

Syariffudin,Aip. 1984. Belajar Aktif Pendidikan Jasmaniuntuk Sekolah Dasar. Jakarta

Kantor Menpora, 1993. Senam Kesegaran Jasmani. Jakarta

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: